Selasa, 01 Januari 2013

Introducing Fanfiro Nasyid Acapella

Assalamu 'alaikum warohmatullah wabarokatuh!

Alhamdulillah, kami panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt. karena setelah menjalani berbagai kesibukan, halangan dan rintangan, Fanfiro akhirnya dapat membuat sebuah blog, yang fungsinya sebagai tempat posting tentang kegiatan-kegiatan Fanfiro, review penampilan kami, dan tentunya sebagai sarana dakwah Islam.

Ngomong-ngomong, Fanfiro itu apa sih? Jajanan tradisional, mainan keren, atau apa? Dari tadi bilang Fanfiro-Fanfiro, tapi anda sebagai pembaca nggak sayang sama Fanfiro nih kalo nggak kenalan dulu. Karena kata nenek moyang kita, tak kenal maka tak sayang. So, let us introduce ourselves!

Fanfiro adalah sebuah tim nasyid acapella dengan anggota mahasiswa AS-5-LANG –asli Malang– yang –kebetulan juga– berdiri di Kota Malang pada tanggal 21 Juli 2012. Kalau anda kepo, 21 Juli 2012 waktu itu bertepatan dengan tanggal 2 Ramadhan 1433 H. Kalo anda masih kepo juga, Fanfiro berdiri di siang bolong. Lupa sih jam berapanya. Kami memilih nama Fanfiro, karena –terus terang nih– kami kesulitan cari nama! Fanfiro sendiri adalah akronim dari nama masing-masing personil kami, yaitu Fatih, Anas, Nabil, Fahmi, Izzul, dan ROsyid. Agak maksa nih, tapi gapapa lah daripada tanpa nama.

Sebelum Fanfiro terbentuk, "sesepuh" tim ini (Nabil) terlebih dahulu membentuk tim nasyid Sincero. Sincero adalah kumpulan dari –waktu itu– siswa di SMA Negeri 1 Malang (Smansa) dan memiliki enam orang personil. Mereka pernah tampil di acara pentas seni tahunan Smansa bernama Nevasca pada 12 Mei 2012. Awalnya memang personilnya enam, tapi waktu mau tampil di acara Nevasca tiba-tiba salah seorang personil mereka mogok tampil. Awalnya Ia menyanyi dan sembunyi di balik panggung. Tapi akhirnya Ia mogok tampil sepenuhnya. Akhirnya Sincero cuma punya personil lima orang aja. Tapi Alhamdulillah entah mengapa, walau personil cuma lima orang salah seorang personil Sincero bilang kalau penampilan mereka yang babak kedua lebih bagus daripada babak yang pertama.

Nah, dari Sincero kemudian beberapa personilnya –Fatih, Nabil, dan Fahmi– berdifusi dengan anak-anak yang baru lulus dari MTsN Malang 1 –yang tersesat tapi alhamdulillah tetap tahu arah jalan pulang– membentuk tim nasyid acapella baru yang bernama Fanfiro.

Jadi di siang bolong tanggal 21 Juli 2012, semua personel kumpul di basecamp, di rumah Nabil dan Fatih –maklum, kakak adik broo. Kami semua cari nama yang pas, beserta filosofinya. Tapi ternyata nggak ketemu yang pas. Akhirnya Fatih –yang sering memiliki ide-ide brillian di injury time mengusulkan nama Fanfiro yang merupakan gabungan nama personil kami. No other choice, kami milih nama Fanfiro pada akhirnya.

Tujuan kami adalah menyambut seruan Allah untuk berdakwah, namun dengan uslub seni. Biasanya kami namakan dakwah nasyid ini dengan sebutan "syi'ar dalam sya'ir". Dengan tujuan memberikan kesan yang membekas kepada pemirsa ataupun pendengar, sehingga membawa perubahan dalam kehidupan mereka menuju jalan Allah SWT.

Alhamdulillah, dua buah prestasi telah kami raih, yaitu sebagai:
  • Juara 2 ITS Nasyid Competition dalam rangka RDK33 pada tanggal 4 Agustus 2012.
  • Juara 1 Yamaha Mio Matic Fest Acapella Contest pada tanggal 24 November 2014
Kegiatan berikutnya setelah memenangi lomba tersebut adalah mengisi berbagai event seperti training, walimah, dan lain-lain, sebagaimana Fanfiro biasanya post di blog ini.

Oke, cukup sampai disini perkenalan Fanfiro. Semoga anda menjadi semakin kenal, semakin sayang, dan semakin dekat dengan Fanfiro. Kalau anda ingin lebih dekat lagi, bisa keep in touch with us. Bisa melalui media sosial kami,
Facebook
Twitter
Google
Soundcloud
YouTube

Maafkan bila ada kesalahan. Kritik dan saran sangat dibutuhkan, sehingga Fanfiro semakin bagus, semakin mantap, semakin sukses, dan tentu saja tetap istiqomah di jalan Allah.

Sekian, Wassalamu 'alaikum warohmatullah wabarokatuh!
Fatih – Anas – Nabil – Fahmi – Izzul – Rosyid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar