Senin, 14 Januari 2013

Kegiatan Awal Tahun 2013 Fanfiro

Assalamu 'alaikum! Berjumpa lagi dengan Fanfiro nih. Bagaimana minggu pertama sekolah, bagi yang sekolah? Tentunya sudah mulai beradaptasi dengan minggu pertamanya setelah liburan kan? Semoga prestasi kalian lebih baik dari semester sebelumnya. Amin..

Di awal tahun 2013, Fanfiro ditinggal salah satu personil kita nih. Lho, kenapa? Beliaunya sedang fokus Ujian Nasional 2013, jadi kami nggak bisa ngganggu dengan job kami. Hehehe... Semoga diberi kelancaran oleh Allah dan tujuan yang diimpikan dapat tercapai. Amin yaa robbal 'aalamiin... Lha terus, berarti Fanfiro sekarang cuma tinggal 4 orang doang? Kan nggak seru? Emang nggak seru kalo cuma 4 orang, jadinya kami cari penggantinya. By the way, penggantinya cukup familiar dengan Fanfiro lho, karena sebelumnya pernah bergabung bersama-sama dengan grup nasyid Fanfiro yang sebelumnya di MTsN Malang 1. Pengganti ini menggantikan salah satu personil yang sedang fokus UN juga, tapi bedanya kalo yang ini UN SMP/MTs. So, beliaunya sudah familiar lah dengan kondisi Fanfiro saat ini.

Di awal tahun ini kami sudah merencanakan latihan pertama kami di tahun 2013 #wetsehh. Tetapi, berbagai kendala sudah mewarnai kegagalan kami dalam rencana tersebut. Masalahnya kalo nggak miskomunikasi kek, kesibukan kek, kondisi badan nggak fit kek, dan lain sebagainya. Terus, latihannya jadinya kapan?? Yup, pokoknya kami selalu mengusahakan setiap minggu ada latihan, tapi nggak tahu lagi kalo nantinya nggak jadi ato jadi, semua diserahkan kepada Allah swt.

Anyway, busway, bung Nabil Faroj dan Rosyid memiliki kesibukan lain nih selain sibuk mengurus UN dan sibuk mengerjakan tugas. Apa tuh?? Melatih!! Lho, Fanfiro belum latihan kok udah melatih?? Ya nggak apa-apa lah, supaya ilmunya bermanfaat, apalagi kami juga sudah berlatih cukup lama, dan sebelumnya belum sempat menyebarkan ilmu tersebut. Emang ngelatih apa bang? Kita melatih tim nasyid dari Matsanewa (nickname dari MTsN Malang 1) yang bernama Irtifa', lengkapnya Irtifa' Nasyid Acapella. Wah, kok kayaknya belum terkenal nih? Ya do'akan saja lah supaya segera terkenal, by the way seniornya mereka sudah meninggalkan beberapa warisan prestasi, walaupun warisan tersebut tidak berhubungan dengan personil yang sekarang.

Tetapi, terdapat kisah menarik selama kami melatih Irtifa'. Berikut kisahnya.

Sebelum tahun 2013, tepatnya saat liburan semester I beberapa personil kami sudah memulai melatih Irtifa', dan mereka merupakan generasi ketiga, dimana rata-rata mereka sekarang sedang memasuki kelas 9. Tentunya kelas 9 merupakan saat dimana mereka disibukkan dengan try out, bimbingan belajar, les privat, dan kesibukan lain. Lalu, beberapa hari sebelum liburan selesai, petinggi Matsanewa melarang anak didiknya yang kelas 9 untuk mengikuti lomba-lomba non-akademik dan disuruh fokus mempersiapkan UN. Tentunya hal ini mengecewakan bagi Fanfiro dan personil Irtifa' tersebut. Akhirnya, salah satu guru seni Matsanewa mencari personil baru, yang kelak menjadi generasi keempat Irtifa'. Personil ini merupakan siswa kelas 7, sehingga terbebas dari kesibukan yang berat seperti UN, kegiatan akademik lainnya, dan lain-lain.

Ini merupakan hal baru bagi Fanfiro, karena melatih seseorang yang baru mengenal nasyid. Hal ini diibaratkan seperti seorang Ibu yang mengasuh bayinya dari kecil hingga kelak menjadi dewasa. Bahkan salah seorang dari mereka masih belum tahu apa itu nasyid sebelum mereka mulai latihan. Lalu akhirnya kami jelaskan apa itu nasyid, seperti apa itu nasyid, dan apa kelebihan dari nasyid. Sampai setelah itu kami jelaskan bahwa musisi nasyid itu beruntung, karena mereka berdakwah, sehingga mendapat pahala dari apa yang mereka sampaikan. Hal ini berbeda dengan musisi lainnya, seperti sekedar acapella, band, atau yang lainnya.

Tim nasyid ini merupakan tim yang diorientasikan untuk mengikuti lomba Porseni Jawa Timur di akhir bulan Februari. Tentunya harus mengikuti seleksi yang kelak akan lolos mewakili Kota Malang atau tidak. Maka dari itu, tak heran jika salah satu guru seni Matsanewa lekas mencari pengganti personil kelas 9 karena lomba ini tidak main-main. Selain mengharumkan nama Matsanewa, juga dapat mengharumkan nama Kota Malang!

Mereka-mereka yang telah dilacak bakatnya tentu telah memiliki bakat dalam bidang tarik suara. Walaupun belum memiliki pengetahuan banyak tentang nasyid, tetapi itu adalah awal yang bagus untuk mendalami nasyid. Seperti biasa ketika mengawali ini, harus didasarkan pada niat lilLahi ta'ala, sehingga ketika mengikuti sebuah kompetisi, walaupun menang ataupun kalah tetap berlapang dada atau ikhlas, yaitu tanpa beban di dalam hati dan pikiran. Setelah itu baru menguji range vokal sampai sejauh apa, setelah itu ditentukan cocok mengisi suara apa. Setelah itu baru mencoba lagu yang akan ditampilkan.

Sejauh ini kami masih melakukan pelatihan bertahap, yaitu bait demi bait. Karena tentunya jika baru memulai dari awal segala sesuatu itu, tentu dilakukan secara step-by-step. Alhamdulillah pada tanggal 17/1 Irtifa' mengadakan latihan terakhir mereka sebelum tampil di esok harinya. Itu merupakan penampilan pertama generasi keempat Irtifa'. Mimin belum tahu apakah generasi ketiga sudah pernah tampil atau belum [citation needed?]

Kurang lebih seperti itu kegiatan awal tahun 2013 Fanfiro, memang resolusi tahun ini kami semakiin disibukkan dengan banyak tugas, sehingga semakin sedikit waktu untuk latihan, waktu untuk istirahat, dan waktu untuk semakin dekat dengan anda sekalian. Kurang lebihnya mohon maaf.

Sekian,

Fatih – Anas – Nabil – Fahmi – Izzul – Rosyid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar