Rabu, 02 Oktober 2013

FANFIRO IS BACK!!! (Edisi Ramadhan)

Assalamu 'alaikum!

Alhamdulillah setelah sekitar 3 bulan nggak posting di blog tercinta ini, akhirnya mimin kembali melanjutkan aktivitas yang insya Allah penuh barokah ini. Karena ya namanya sebuah munsheed acapella, tentunya kami berusaha memberi contoh yang baik dengan menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Salah satu jalan untuk dunia yang modern dalam berdakwah yaitu melalui bernasyid. Alhamdulillah kami tetap istiqomah dalam mengembangkan seni bernasyid ini.

Beberapa hambatan telah kami lalui dan telah kami atasi semampu kami dan Alhamdulillah dapat teratasi. Beberapa kendala yaitu posting yang tidak selesai-selesai tetapi waktu segera berlalu. Memang kalo kami kekurangan dokumentasi yang mestinya digunakan untuk posting, kami jadi nggak pantes untuk mengepost artikel itu, karena (istilahnya) nggak ada bukti otentiknya yang menunjukkan bahwa peristiwa itu benar-benar terjadi. Akhirnya karena kelamaan nggak dapet-dapet dokumentasinya, akhirnya blog ini untuk sekitar 3 bulan lamanya ditelantarkan. Fanfiro mohon maaf atas ketidaknyamanan anda :(

Di posting sebelumnya sudah kami bahas tentang acara Festival Remaja Sholeh keenam (VI) yang diadakan oleh BDM Al-Hikmah di Masjid Al-Hikmah Universitas Negeri Malang. Rencananya di posting itu dilanjutkan dengan Fanfiro yang memasuki Bulan Ramadhan yang penuh hikmah itu dengan Formation VI. Kata hikmah diulang lagi, romawi VI diulang juga, apaan nih maksudnya? Kita bahas yuk di paragraf selanjutnya.

Setelah kesibukan Nabil yang menjalani berbagai tes masuk PTN di berbagai tempat, Alhamdulillah akhirnya dia diterima di FKM Unair. Nah, seperti setahun sebelumnya, tahun ajaran baru berdekatan sama libur awal Ramadhan. Jadinya, saat itu yang lagi sekolah sedang menikmati banyak libur. Bahkan, bagi yang sedang/ akan kuliah, liburnya lebih banyak lagi. Sehingga kami punya banyak waktu buat latihan bersama-sama, kali ini dengan personil baru (Rizal) + Nabil sehingga Fanfiro sekarang menjadi Formation VI (baca: six).

Latihan pertama dengan Formation VI berlokasi di rumah Izzul. Suasana sore cerah dan bersemangat menginspirasi kami untuk menggarap lagu dari Peterpan (sekarang NOAH) yang berjudul Topeng. Beberapa hari setelah direkam di rumah Izzul, langsung di upload di akun Soundcloud tercinta bersama beberapa lagu lainnya. Lagu-lagu seperti Bukan Bang Toyib & Medley (dua-duanya milik Wali) , serta Pengalaman Pertama (A Rafiq) menemani Topeng dan siaran broadcast Fanfiro saat di RRI Pro 2 pada daftar lagu di Soundcloud. Sejak itu, Fanfiro lebih sibuk dan mengurusi Soundcloud ketimbang blog tercinta ini (sayang sekali...). Sebenarnya kesibukan di Soundcloud tetap tidak mengalahkan kesibukan Fanfiro di lapangan selama Bulan Ramadhan.

Dalam Bulan Ramadhan saat itu Fanfiro mendapat tiga job dalam waktu dua minggu. Alhamdulillah, Fanfiro semakin terkenal di Kota Malang, Event pertama di Bulan Ramadhan yaitu mengisi buka bersama setelah Pondok Ramadhan untuk kelas X di Smansa (SMAN 1 Malang). Audiens yang masih fresh dan baru di sekolahnya serta baru saja di MOS (emang ada efeknya? ~_~) terlihat sangat antusias dan semangat dalam menyaksikan kami tampil. Membawakan beberapa lagu baru termasuk Topeng, kami dapat menghibur siswa-siswi Smansa yang mungkin saja banyak dari mereka yang telah menahan lapar dan dahaga selama berpuasa (begitu juga dengan kami, heheh :D). Setelah itu ada promosi dari Pocari Sweat yang suasananya cocok dengan bulan puasa.

Lanjut ke event kedua, yaitu tabligh akbar yang diadakan di Gazebo Universitas Brawijaya. Subhanallah, mereka mengundang ustadz dari Gaza, dengan banyak keahlian yang beliau kuasai. Karena perjalanan yang entah macet atau ada kendala lainnya, akhirnya acara sempat tertunda hingga ba'da ashar. Akhirnya kami membawakan dua lagu. Sayangnya hadirin di acara itu masih sedikit sehingga respon mereka kurang begitu bersemangat. Karena sudah agak sore, kami bergegas pulang dan menyiapkan diri untuk event berikutnya.

Event berikutnya yaitu Festival Nasyid Malang yang diadakan di Gramedia Alun-Alun Kota Malang. Waktu itu sayangnya Fatih tidak bisa bergabung karena ada keperluan mendadak. Sehingga Fanfiro kembali menjadi 5 orang. Gramedia yang tampaknya lengang dan tidak ada hingar-bingar akan ada event yang bermanfaat, mulai berubah ketika pengunjung mulai naik ke lantai 2. Membawakan beberapa lagu serta terbawa suasana, kami sepertinya benar-benar menjiwai setiap bagian dari lagu. Dilanjutkan dengan perform dari Igoy Solois yang membawakan lagu yang ditulisnya sendiri dan beberapa remix dari Afgan dan lain sebaginya.

Setelah event selesai, Fanfiro mulai ada agenda lain, yaitu mencari kostum baru. Dimulai dari dasi, Fahmi, Izzul, Rizal dan Rosyid menuju ke daerah Talun untuk cari dasi. Nabil waktu itu tidak ikut karena ada kepentingan personal. Setelah itu bergegas pulang, dan menyiapkan diri untuk event berikutnya, seperti biasa, ketika Matsanewa ada event besar, biasanya kami diundang untuk mengisi acara tersebut. Detailnya pada paragraf berikutnya.

Sebagai ucapan rasa syukur kepada Allah serta jalan untuk mendekatkan diri kepada-Nya, pihak MTsN Malang 1 meresmikan sebuah masjid di daerah Kecamatan Dau. Tetapi sayang sekali, kali ini Fanfiro kembali berlima, setelah Rosyid yang saat itu dalam keadaan sakit. Kembali membawakan beberapa lagu dan dalam suasana outdoor serta dengan kostum terbaru Fanfiro,  kami tetap bersemangat dalam perform tersebut. Kegiatan berlanjut sampai maghrib dengan buka bersama.

Sekian part pertama dari "FANFIRO IS BACK!!!". Posting selanjutnya adalah part kedua, yaitu pembahasan mengenai kegiatan Fanfiro setelah Bulan Ramadhan. Terima kasih, sekian.

Fatih – Anas – Nabil – Fahmi – Izzul – Rosyid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar