Minggu, 24 November 2013

Kesibukan Fanfiro Kali Ini, November 2013

Assalamu 'alaikum!

Sudah lama ya kita tidak bertemu (gimana mau ketemu, kita 'kan cuma menyampaikan tulisan -_-), sudah lama tidak memberi kabar, dan sudah lama juga tidak posting! Alhamdulillah kali ini Fanfiro akan memberikan posting dengan kabar baik, setelah melewati masa sibuk Fanfiro di awal semester 1, Fanfiro mulai jarang dapat tawaran tampil. Tapi setelah pertengahan semester Fanfiro mulai sibuk lagi. Sibuk apaan nih sekarang? Sibuk mengisi walimah? Ooh, selama ini belum ada tawaran ngisi walimah nih. Begini penjelasannya.

Awal November kami disibukkan dengan undangan untuk mengisi acara Pembukaan dan Penutupan KSM & AKSIOMA  (lebih populer disebut AKSIOMA) Tingkat Nasional, 5-8 November 2013. Awalnya waktu kami mengisi acara peresmian Masjid MTsN Malang I di Dau, kami ditawari untuk standby alias jaga-jaga kalau misalnya kami nantinya diundang untuk mengisi AKSIOMA. "Nggih, insya Allah kami siap," jawab kami.
Sekitar 2 bulan kemudian genderang acara AKSIOMA mulai terdengar. Kami jadinya bingung, sebenarnya diundang atau nggak. Akhirnya Fahmi mulai hubungi guru-guru di MTs, meminta kepastian apa jadi tampil di Pembukaan AKSIOMA.

Beberapa guru tidak bisa pastikan apakah Fanfiro jadi tampil di pembukaan. Akhirnya Fahmi berulang kali mondar-mandir Stadion Gajayana (venue pembukaan)-MTs untuk mencari pihak berwenang. Sudah ketemu, ternyata ada konfirmasi kalau kami tampil di penutupan. Setelah puas karena kepastian itu, kami buat jadwal latihan, yang dimulai besok malamnya (karena tanggal 5 November libur peringatan 1 Muharram 1435 H, jadi malam sebelumnya bisa dipakai latihan). Kami garap lagu baru deh, "Tebarkan Salam" milik Launun. Semalam itu latihan di MTs, progressnya sekitar 75%. Alhamdulillah...

Besoknya yaitu tanggal 5, Fanfiro latihan lagi. Kali ini di rumah Izzul, dari 13.00 sampai 16.00, menuntaskan latihan "Tebarkan Salam" sekalian merekam demonya. Habis latihan, kami ditelepon pihak MTs, dan ternyata kami jadi mengisi Pembukaan AKSIOMA di Stadion Gajayana, yang nantinya mengiringi kedatangan Pak Suryadharma Ali menuju podium. Bayangan kami, "Pembukaan AKSIOMA? Stadion Gajayana? Event Nasional? WOW!"

Kami segera siap-siap, kumpul dulu di MTs, terus berangkat ke stadion jam 18.30. Parkiran ramai, padat, dan penuh sesak. Tentu saja, ini adalah event nasional. Tidak heran kalau banyak yang datang. Lalu kami kumpul di tempat yang biasanya dipakai bench pemain. Ternyata waktu pembukaan di Stadion Gajayana kami hanya checksound saja, seperti biasa pakai lagu "PAW" dengan tempo yang lebih lambat dan suara yang pelan, karena masalah teknis yang lebih lanjutnya hanya akan kami jelaskan secara lisan saja.

Berikutnya kami mencoba sound yang ada di panggung di dekat Expo Madrasah, yaitu di area parkir Stadion Gajayana. Tampaknya lagu yang kami bawakan menarik perhatian, karena ada beberapa orang yang sengaja mendekat ke panggung, padahal kami cuma checksound. Setelah menunggu beberapa jam, kami merasa kelelahan, dan akhirnya memutuskan untuk pulang jam 22.30. Beruntung buat mereka yang madrasah karena selama AKSIOMA mereka libur, kami yang sekolah di sekolah negeri besoknya MASUK!

Mendekati acara penutupan, kami merasa kurang semangat menjalaninya. Karena berbagai masalah menimpa kami sebelumnya, jadinya motivasi kami sempat down. Bagaimanapun, kami tetap mengisi penutupan karena kami sudah diundang. Kami mengisi di sela-sela pengumuman pemenang, di antara pengumuman juara KSM dengan AKSIOMA. Pengumumannya tingkat nasional, jadi tidak heran kalau saking banyaknya juara, hadirin jadi mengantuk. Kami syi'ar dengan sya'ir sebagai ice breaker! Waktu itu kami juga pulang larut malam, yaitu jam 23.30, untuk menonton junior kami di MTs (Voorspoedige) perform di akhir acara.

Banyak sekali suka dukanya kami mengisi Pembukaan dan Penutupan AKSIOMA, hal ini hanya akan kami jelaskan secara lisan saja, agar tidak banyak pihak yang tersinggung.

Minggu keempat bulan November, tepatnya tanggal 24 November 2013, kami diundang untuk mengisi acara International Seminar about Islam Economics (Seventseas 2013) di Gedung Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Disebut internasional, (mungkin) karena di sana diundang seorang pembicara Profesor pakar Ekonomi Islam dari Oman. Beliau menggunakan Bahasa Arab dalam menyampaikan materinya, kemudian diterjemahkan oleh pembicara lainnya.

Persiapan kira-kira sekitar 6 hari, yaitu mengatur jadwal karena padatnya jadwal masing-masing dari kami. H-1 kami check sound di tempat acara. Belajar dari pengalaman sebelumnya, kali ini ada pengaturan pengeras suara yang harus diatur supaya suara keluar ke arah tengah ruangan, bukan ke arah samping. Karena terbatasnya waktu kami cukup check sound sebentar aja. Selama enam hari itu kami tidak sempat latihan sama sekali. Izzul ikut lomba band, sementara Fatih ikut Medspin di hari-H. Nah, baru di hari-H latihan 2 jam sebelum perform.

Kami mengisi acara setelah ISHOMA, 2 lagu yaitu "Kasih Putih" (Gradasi) dan "Bukan Bang Toyib" (Wali). Kemudian kami mengisi lagi sekitar jam 15.00 juga dengan 2 lagu, yaitu "Tebarkan Salam" (Launun) dan "Medley Wali". Setelah perform, kami diwawancarai secara singkat oleh kedua MC, yaitu Mas Fadli dan Mbak Gita. Karena wawancara singkat, kami jawabnya pun juga singkat :p. Alhamdulillah, di acara tersebut kami dipromosikan untuk pertama kalinya secara live. Terima kasih banyak untuk MC...

Pukul 16.00 kami pulang dengan perasaan senang, puas, dan gembira. Tapi perasaan puas dan gembira milik Fahmi dan Rizal sangatlah banyak, karena suatu hal. Berkat lobi dari Fahmi, yang merupakan humas Fanfiro dan terkenal pintar melobi di mana saja dia berada, kami bisa foto di akhir acara ini. Karena panitia yang awalnya menghubungi kami (Mas Jawwad) tidak bisa bersama kami karena mengantar pemateri ke Bandara Juanda, akhirnya kami foto dengan Mbak Fifi...


Sekian posting kami kali ini. Semoga kami dapat membagi kebahagiaan dan kesenangan dengan syi'ar dalam sya'ir, dan juga tentunya dengan posting kami kali ini. Terima kasih, sampai jumpa.

Fatih – Anas – Nabil – Fahmi – Izzul – Rosyid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar