Rabu, 19 Agustus 2015

Most Popular Fanfiro Nasyid's Song Cover

Assalamu 'alaikum!

Kembali lagi nih, dengan kami Fanfiro Nasyid. Berhubung blog ini sering banget kosongnya, sering banget garingnya, dan –kayaknya– bikin bosan, maka kami bakal bahas hal menarik seputar Fanfiro yang –alhamdulillah– sekarang sudah 4 tahun jalan nih. Kali ini kami bakal bahas lagu cover kami yang paling hits di Soundcloud kami, yaitu sebuah lagu dari A. Rafiq berjudul Pengalaman Pertama. Lagu ini biasa kami pakai ketika Fanfiro lagi kunjungan ke lembaga, kampus, atau sekolah tertentu. Supaya Fanfiro akrab sama pemirsa, jadinya kami lebih enjoy ketika perform.

Sebenarnya lagu ini adalah lagu yang dicover oleh pengcover –rumit nih ceritanya. Jadi ceritanya ada grup nasyid yang bernama Launun. Ketika mereka lagi ikut kontes Suara Indonesia di Trans TV, perform mereka yang paling pertama adalah membawakan lagu ini, Pengalaman Pertama by A. Rafiq. Karena konten lagu yang mereka bawakan cukup menarik, dengan berbagai macam perubahan lirik di lagunya –supaya jurinya tertarik– akhirnya kami garap. Kebetulan waktu itu kami lagi siap–siap perform di acaranya MTsN Malang 1 (a.k.a Matsanewa), bertepatan dengan kunjungan Wapres RI tanggal 25 Maret 2013. Waktu itu yang jadi Wapres adalah Pak Budiono.

Baca Juga:


Karena waktu itu kami lagi sering kerjasama dengan Matsanewa, akhirnya kami sering juga mampir ke sana. Latihan bareng, ketemu sama teman lama, main bareng, dan lain-lain. Termasuk latihan Fanfiro buat acara Wapres, kami latihan di sana. Tepatnya di depan studio musik. Kenapa kok di sana? Selain karena tempatnya pas –depannya STUDIO MUSIK, dan juga karena dindingnya cocok buat latihan nasyid. Pantas lah, dinding marmer atau sejenisnya punya karakter memantulkan suara. Fanfiro selalu enjoy kalau latihan di Matsanewa –miss this place, huhuuu :'(.

So, setelah latihan latihan dan latihan di dalam studio akhirnya kami rekam hasil latihan kami di luar –supaya ada gemanya, biar cool. Jadi rekamannya amatir guys, pakai ponsel biasa dan bukan di studio rekaman. Setelah bersusah payah, inilah hasil rekaman kami.



Jadi begitulah rekaman kami yang di-remake supaya mengena di hati civitas akademika Matsanewa. Nah, ada sesuatu yang aneh di menit ke 1:17. Jadi di rekaman itu kami berhenti dan ada suara ibu–ibu berkata, "SIIIP!!". Baru setelah itu kami lanjutkan nasyid. Apa yang sebenarnya terjadi saudara-saudara? Lanjut yuk...

Begini. Waktu itu Fanfiro sudah rekaman duapertiga lagu. Kalau anda perhatikan, isi lirik setelah "SIIIP!!" adalah pujian–pujian kepada guru–guru termasuk petinggi Matsanewa. Tepat sebelum Fanfiro masuk ke bagian itu, "Ayee..." kata Fatih, dua dari empat orang yang akan dipuji ternyata lewat! Mereka adalah Bu Uswatun dan Bu Binti. Bu Us (sapaan Bu Uswatun), pegawai TU Matsanewa, adalah orang yang biasa menemani Bu Binti di berbagai perjalanan. Entah itu jarak jauh atau dekat. Bisa dijuluki "ajudannya Bu Binti". Sedangkan Bu Binti adalah Kepala Sekolah Matsanewa waktu itu. Jadi Bu Binti lah yang mengatakan "SIIIP!!".

Setelah itu kami berbincang-bincang tentang perjalanan kami di SMA, lalu persiapan kami untuk acara Wapres, dan lain-lain. Percakapan kami berjalan singkat banget. Akhirnya Bu Binti dan Bu Us segera turun ke arah ruang guru. Fanfiro langsung elus-elus dada nih. Pas banget rekamannya berhenti sebelum surprise. Kalo Bu Binti sama Bu Us datangnya nggak pas, sia-sia deh surprise-nya. Anda banyangkan deh kalau beliau-beliau datangnya nggak pas...

So, itulah kisah di balik lagu cover kami yang nge-hits di akun Soundcloud Fanfiro. Hal ini nggak biasa, karena lagu ini termasuk lagu lama. Tapi ternyata banyak juga yang mendengarkan. Mungkin karena ada MTsN Satu-nya nih, hahaha...

Nantikan kisah-kisah menarik selanjutnya, langsung dari official blog Fanfiro.

Fatih – Anas – Nabil – Fahmi – Izzul – Rosyid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar